Makalah Perbandingan Visual Basic, C++ dan Foxpro

2 Comment

BAB I
PENDAHULUAN

Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Para programmer dapat membangun aplikasi dengan menggunakan komponen-komponen yang disediakan oleh Microsoft Visual Basic Program-program yang ditulis dengan Visual Basic juga dapat menggunakan Windows API, tapi membutuhkan deklarasi fungsi luar tambahan.
Dalam pemrograman untuk bisnis, Visual Basic memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Sebuah survey yang dilakukan pada tahun 2005 menunjukkan bahwa 62% pengembang perangkat lunak dilaporkan menggunakan berbagai bentuk Visual Basic, yang diikuti oleh C++, JavaScript, C#, dan Java.
Microsoft Visual C + + (sering disingkat sebagai MSVC atau VC + +) adalah (versi gratis yang tersedia) komersial, lingkungan pengembangan terpadu (IDE) dari Microsoft untuk produk C, C + +, dan C + + / CLI bahasa pemrograman. Ini memiliki alat untuk mengembangkan dan debugging C + + kode, terutama kode yang ditulis untuk Microsoft Windows API, API DirectX, dan Microsoft NET Framework.
Microsoft Visual Fox Pro adalah salah satu bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Foxpro dikenal sebagai Software Developer Tool menyediakan pula fasilitas prototyping dan RAD untuk membangun aplikasi yang cepat.
Software ini dimulai dari FoxPro (FoxBASE) yang awalnya dikembangkan oleh Fox Technology pada 1984.Fox Technology kemudian bergabung dengan Microsoft pada 1992.Awalnya Foxpro dapat berjalan pada sistem operasi Mac OS, DOS, Windows, dan UNIX (2.6 Version) tapi pada perkembangannya (3.0 Version) hanya mampu berjalan pada Mac OS dan Windows saja, bahkan pada versi-versi berikutnya hanya berjalan pada Windows saja.
Visual FoxPro 9.0 merupakan sarana pemrograman yang handal dan banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggabungkan sisi efisiensi dan nilai estetika pada sebuah aplikasi.


BAB II
PEMBAHASAN

VISUAL BASIC
  1. Pengertian Visual Basis 6.0
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB saja) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program perangkat lunak berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman (COM).
Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
  1. Kelebihan dan Kekurangan Visual Basic 6.0
Microsoft visual basic 6.0 mempunyai banyak kelebihan dibandingkan software atau bahasa pemograman lainnya.
v  Kelebihan dari visual basic
a.       Kurva pembelajaran dan pengembangan yang lebih singkat dibandingkan bahasa pemrograman yang lain seperti C/C++, Delphi atau bahkan PowerBuilder sekalipun.
b.      Menghilangkan kompleksitas pemanggilan fungsi windows API, karena banyak fungsi – fungsi tersebut sudah di “embedded” kedalam syntax visual basic.
c.       Cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi / program yang bersifat “Rapid Application Development).
d.      Sangat cocok digunakan untuk membuat program atau aplikasi bisnis.
e.       Digunakan oleh hampir microsoft office sebagai bahasa macro dan segera akan diikuti oleh yang lainnya.
f.       Dapat membuat ActiveX Control
g.      Dapat menggunakan OCX atau komponen yang disediakan oleh pihak ketiga (Third Party) sebagai tools pengembang.
h.      Menyediakan wizard yang sangat berguna untuk mempersingkat atau mempermudah pengembangan aplikasi.
i.        Mendekati Object Oriented Programming.
j.        Dapat di-integrasikan dengan internet, baik itu pada sisi Client maupun pada sisi Server.
k.      Dapat membuat ActiveX Automation Server.
l.        Integrasi dengan Microsoft Transaction Server.
m.    Dapat menjalankan server tersebut dari mesin yang sama atau bahkan dari mesin atau komputer yang lain.
Meskipun visual basic memiliki banyak kelebihan tetapi tetap saja mempunyai kekurangan atau kelemahan. Kelemahan tersebut karena disebabkan oleh keterbatasan visual basic dalam mengambil fungsi – fungsi yang bersifat low-level yang berhubungan dengan hardware maupun operating system windows itu sendiri.
v  Kekurangan Dalam Visual Basic
a.       File Distribusi Runtime lebih besar dari C/C++.
b.      Tidak mempunyai fungsi – fungsi untuk mengambil fitur – fitur dari operating system sebanyak C/C++.
v  Keuntungan Visual basic:
ü  Bahasa yang sederhana. Banyak hal yang mungkin sulit dilakukan jika kita menggunakan bahasa pemrograman lainnya, akan dapat dilakukan dengan mudah dengan menggunakan Visual basic.
ü  Karena Visual basic sangat populer, maka sangat banyak sumber-sumber yang dapat kamu gunakan untuk belajar dan mengembangkan kemampuan kau baik berupa buku, web site dll Dengan banyaknya sumber-sumber tersebut, maka tentu saja kamu akan sangat mudah menemukan jawaban atas persoalan yang kamu hadapi kan?
ü  Kamu bisa memperoleh banyak tools baik gratis maupun tidak di Internet yang akan sangat membantu menghemat waktu kamu dalam pemrograman. Contoh, jika kamu ingin membuat program untuk melakukan ping ke salah satu komputer di jaringan kamu, alih-alih membuat program ping tersebut sendiri, kamu bisa donlot sebuah kontrol yang melakukan hal tersebut dan menempelkannya di program kamu. Jika dibandingkan dengan bahasa lain, Visual basic memiliki variasi tools yang paling luas lho.
v  Kekurangan Visual basic:
ü  Visual Basic adalah bahasa pemrograman yang powerful, tetapi sebenarnya tidak terlalu bagus untuk membuat game-game yang benar-benar memuaskan.
ü  Lebih lambat dibandingkan bahasa pemrograman lain.
 
VISUAL C++

  1. PENGERTIAN VISUAL C++
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Visual C++
ð  Kelebihan Visual C++:
ü  Merupakan induk dari bahasa pemrograman perl, php, phyton, visual basic, gambas, java, C#
ü  Compiler bahasa C++ terdapat di semua platform
ü  Untuk pengembangan visual dijejali dengan platform yang sangat banyak seperti OWL, MFC, Cocoa, QT, GTK, dll
ü  Merupakan pemrograman berorientasi objek
ð  Kekurangan Visual C++:
ü  Bahasa ini cukup sulit untuk dipelajari dan dipahami
ü  Banyaknya operator serta fleksibilitas penulisan program kadang-kadang membingungkan pemakai
ü  Bagi pemula pada umumnya akan kesulitan menggunakan pointer

  1. Perbedaan antara Visual Basic dan Visual C++
Perbedaan antara visual basic dan visual C++, visual basic merupakan bahasa pemograman visual yang paling mudah di pelajari sebab syntak yang di gunakan lebih simple dibanding bahasa visual lain. tapi sebenarnya semua bahasa bisa dipelajari. sedangkan visual C++ sintak yang digunakan sedikit rumit, kelebihan visual C++, bahasa ini lebih ringkas dalam hal penulisan dan akses ke kernel program (hardware) lebih mudah dan hasil compile dari program menggunakan bahasa Visual C++ lebih kecil dibanding Basic.
  1. Perbedaan pertama adalah VB adalah pengembangan dari Bahasa Pemrograman Basic singkatan dari Beginner’s All-purpose Symbolic Instruction Code. Kalau Visual C++ adalah pengembangan dari Visual C dan merupakan pengembangan dari C++ dan pengembangan dari C.
  2. Perbedaan yang paling menyolok dalam kedua bahasa pemrograman tersebut adalah jika kita menggunakan Visual Basic dan Visual C++ maka kita tinggal Drag n Drop saja untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu aplikasi. Semoga membantu.


VISUAL FOXPRO

  1. Pengertian Visual Foxpro
Microsoft Visual Fox Pro adalah salah satu bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Foxpro dikenal sebagai Software Developer Tool menyediakan pula fasilitas prototyping dan RAD untuk membangun aplikasi yang cepat.
  1. Kelebihan dan Kekurangan Visual Foxpro
ð  Kelebihan Visual Foxpro :
  1. Menghasilkan objek file
  2. Sumber program sulit dibaca sehingga bisa  menghindarkan sumber program dari jangkauan orang – orang yang tidak berhak.
  3. Kemampuan untuk deklarasi variabel Array
  4. Kemampuan input output Access File Handle
  5. Memungkinkan  dilaksanakan hubungan antara file database.
ð  Kekurangan Visual Foxpro 9.0
ü  Tidak tersedia tipe data pointer
ü  Tidak bisa digunakan untuk membuat OCX
ü  Pengembangan versi sekarang sudah terhenti di versi 9.0
ü  Pembuatan report yang belum mengimplementasikan OOP (direncanakan akan diimplementasikan di VFP 9)
ü  Menu-designer yang juga belum mengimplementasikan OOP.
  1. Spesifikasi Komputer yang Dibutuhkan
Visual Foxpro dijalankan dibawah sistem operasi windows  (termasuk Windows 3.xx, Windows Ws For Workgroup 3.x, Windows 95 dan Windows NT).
Karena kinerja sistem Visual Foxpro For Windows  dibawah sistem operasi Windows , Peralatan minimal yang diperlukan ialah berupa spesifikasi komputer yang dibutuhkan adalah :
  1. Komputer dengan proses error minimal sebesar  5 x 86, Pentium II atau yang lebih baik.
  2. Internal memori minimal 16 MB atau lebih.
  3. Ruang Free space sebesar 100 MB untuk instalasi seluruh fasilitas yang ada didalam visual Foxpro atau 64 Kb untuk instalasi     minimalnya
  4. Sistem operasi  Windows 3.xx atau Windows 95.
Pemilihan Visual foxpro adalah dengan kapasitas prosesnya, Perintah diberikan langsung dari menu media keyboard. Jadi tidak perlu menghafal perintah yang dipakai untuk memanipulasi database.
BAB III
KESIMPULAN

Visual Basic merupakan turunan bahasa pemrograman BASIC dan menawarkan pengembangan perangkat lunak komputer berbasis grafik dengan cepat.
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup tahun 1983 di Lab Bell. C++ merupakan bahasa pemrograman berorientasi objek menggunakan kaidah bahasa C.
Microsoft Visual Fox Pro adalah salah satu bahasa pemrograman prosedural dan bahasa pemrograman berorientasi objek yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual Foxpro dikenal sebagai Software Developer Tool menyediakan pula fasilitas prototyping dan RAD untuk membangun aplikasi yang cepat.
Visual FoxPro 9.0 merupakan sarana pemrograman yang handal dan banyak digunakan dalam pembuatan aplikasi karena dapat menggabungkan sisi efisiensi dan nilai estetika pada sebuah aplikasi.

DAFTAR PUSTAKA
http://en.wikipedia.org/wiki/ISO/IEC_14882
http://id.wikipedia.org/wiki/BASIC
http://en.wikipedia.org/wiki/C++#Standard_library
http://www.tempest-sw.com/cpp/draft/apA-compilers.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_pemrograman_C
http://abfahtech-systems.blogspot.com/2010/11/kelebihan-dan-kekurangan-visual-basic.html
http://dewypedrosa.blogspot.com/2011/05/kelebihan-dan-kekurangan-visual-basic.html
http://fncblog.wordpress.com/2009/09/20/kelebihan-dan-kekurangan-bahasa-pemrograman-c/
http://my.opera.com/angeldeefa/blog/index.dml/tag/kekurangan%20dan%20kelebihan%20c++
http://ihsancreation.wordpress.com/2010/01/06/bahasa-c/
http://yoyon12.wordpress.com/2011/01/22/sekilas-tentang-bahasa-pemograman-visual-foxpro/
http://fadjarsinar.wordpress.com/2011/10/19/kelebihan-dan-kekurangan-visual-foxpro-9-0/
http://cmeerw.org/prog/freecpp/
http://www.mata-kuliah2010.blogspot.com
Add a comment

2 Comment:

Maksud kata ini apa ?
"Perbedaan yang paling menyolok dalam kedua bahasa pemrograman tersebut adalah jika kita menggunakan Visual Basic dan Visual C++ maka kita tinggal Drag n Drop saja untuk memudahkan seorang programmer dalam membuat suatu aplikasi. Semoga membantu."



Aduuh agaaaaannn... Perbedaan kok yang dijelasin Kaya Persamaan nya sih ?

24 Januari 2013 06.41 comment-delete

Bende meme estetiği yaptırmak istiyorum. Türkiye'den Dr Əli Mezdeği haqqında bilgisi olan var mı?
meme estetiği

28 Maret 2013 02.53 comment-delete
Poskan Komentar

_Pasopati 2010 UYP™

Copyright 2011 Designing a dream come true.
Blogger Templates By:Noct.