Jenis-Jenis Atribut

1 Comment
  1. Bagaimanakah orang yang membaca atribut suatu entitas langsung dapat mengenali atribut primernya?
    Atribut pengenal (identitfier) diberi garis bawah. Dan digunakan untuk mengidentifikasi suatu entity secara unik

  2. JENIS ATRIBUT
  3. Terdapat berbagai jenis atribut. Sebutkan penggolongannya!
    • Berdasarkan kompleksitas atributnya.
    • Berdasarkan jumlah nilai atributnya.
    • Berdasarkan dapat tidaknya atribut tersebut diberi nilai.
    Sehingga atribut digolongkan :
    • Atribut sederhana ; atribut komposit
    • Atribut bernilai tunggal ; dan jamak
    • Atribut bernilai ; atribut optional


    A. ATRIBUT SEDERHANA ; ATRIBUT KOMPOSIT
  4. Jelaskan yang dimaksud atribut sederhana!
    Merupakan atribut yang tidak dapat dipecah/dibagi lagi menjadi atribut yang lebih kecil.

  5. Jelaskan yang dimaksud dengan atribut komposit!
    Yaitu atribut yang dapat dibagi/dipecah tetapi masing-masing bagian tersebut masih tetap bermakna. Atribut dapat didekomposisi menjadi beberapa atribut lain.

  6. Berikan sebuah contoh entitas yang memiliki atribut sederhana sekaligus atribut kompleks!
  7. B. ATRIBUT BERNILAI TUNGGAL ; ATRIBUT BERNILAI JAMAK
  8. Jelaskan masing-masing apa yang dimaksud dengan atribut bernilai tunggal dan juga atribut bernilai banyak tersebut!
    Atribut bernilai tunggal yaitu atribut yang instan entitasnya hanya satu macam (single value atribut).
    Contoh : atribut Nama, yaitu hanya nama orang yang dimaksud. Tanggal_lahir yaitu tanggal lahir seseorang tak mungkin ganda.
    Atribut bernilai banyak yaitu atribut yang instan entitasnya lebih dari satu macam. Contoh : Pekerjaan, Hobi, dsb.

  9. Berikan contoh sebuah entitas yang memiliki atribut bernilai tunggal dan sekaligus bernilai jamak, sederhana, komplek!

  10. ATRIBUT TURUNAN
  11. Apakah yang disebut dengan atribut turunan?
    Yaitu atribut yang dapat diperoleh dari nilai suatu atribut yang tersimpan dalam basis data. Contoh :
    • Atribut Usia, dapat diperoleh dari atribut tanggal lahir yang tersimpan dalam basis data.
    • Atribut Lama_bekerja, dapat diperoleh dari atribut Tanggal_mulai_bekerja yang tersimpan dalam basis data.

  12. Bagaimana cara menggambarkan atribut turunan?
    Dengan lingkaran garis putus-putus. Contoh :

  13. C. ATRIBUT BERNILAI ; ATRIBUT OPSIONAL
  14. Jelaskan yang dimaksud atribut bernilai dan atribut opsional?
    Atributber nilai : atribut yang wajib diisi (required atribute)
    Atribut opsional : atribut yang boleh diisi, boleh tidak.


    HUBUNGAN / RELATIONSHIP
  15. Apakah yang dimaksud dengan “Hubungan” dalam basis data?
    Yaitu hubungan antara entitas satu dengan entias lainnya.

  16. Dalam basis data terkait dengan hubungan entitas tersebut dikenal Entity Relationship Diagram (ERD). Jelaskan dan berikan contoh!
    ERD adalah sebuah model hubungan antara entitas yang digambaarkan dengan diagram ERD.
    Contohnya : Diagram ERD antara mahasiswa dan dosen yang terdapat hubungan membimbing.

  17. Sebutkan jenis jenis hubungan antar :
    1. Relasi (hubungan) (1:1)
    2. Relasi (hubungan) (1:N)
    3. Relasi (hubungan) (N:1)
    4. Relasi (hubungan) (N:M)

    Penggambaran sebagai penjelasan

  18. Berikan contoh untuk penggambaran seperti soal 31 yang terkait dengan kehidupan sehari-hari!
    1. Relasi (hubungan) (1:1) = Siswa mendapat Raport
    2. Relasi (hubungan) (1:N) = Mahasiswa mengambil Mata kuliah
    3. Relasi (hubungan) (N:1) = Penduduk memeluk Agama
    4. Relasi (hubungan) (N:M) = Tamu mengambil Makanan

  19. Nyatakan contoh soal 32 dengan diagram ERD!

23 April 2011


Cardinalitas Hubungan


Tugas 5

CARDINALITAS CONSTRAINSering disebut kekangan kardinalitas/rasio kardinalitas/pemetaan kardinalitas/batasan kardinalitas.
  1. Apa yang dimaksud dengan Cardinalitas constarin?Simbol yang menggambarkan batasan jumlah instan entitas.

  2. ERD berikut ini adalah ERD untuk perpustakaan. Jelaskan arti ERD tersebut!
    • Penjelasan :
    • Satu pengawas melaksanakan pengawasan 1 bagian.
    • Satu bagian diawasi oleh sati pengawas
    • Satu bagian memiliki satu pegawai atau lebih
    • Satu pegawai boleh bekerja pada satu proyek atau lebih
    • Satu proyek boleh memiliki satu pegawai atau lebih
    DERAJAT HUBUNGAN
  3. Apa yang dimaksud dengan derajat hubungan?Jumlah entitas yang dilibatkan dalam sebuah hubungan.

  4. Terdapat 2 entitas yang mengadakan hubungan, maka derajat hubungan ERD tersebut adalah 2 (dua).
  5. Sebutkan ada berapa jenis derajat hubungan yang anda ketahui dan berikan ERDnya!Ada 3 macam : Unary, Binary, Ternary.
    1. Unary : yaitu derajat hubungan yang terlibat hanya 1 entitas saja.

    2. Penjelasan :
      • Seorang pimpinan juga seorang pegawai yang lemiliki anak buah
      • Seorang pegawai (non-pimpinan) dapat tak memilki atasan atau memiliki satu atasan saja
    3. Binary : yaitu derajat hubungan yang terlibat 2 entitas.

    4. Penjelasan :
      • Satu pegawai hanya ditugaskan dalam satu cabang
      • Satu cabang dapat ditugaskan satu atau lebih pegawai.
    5. Ternery : yaitu derajat hubungan ERD diaman ada 3 entitas yang terlibat.

      Penjelasan :
    • Satu staff menangani minimal satu pewawancara atau lebih
    • Satu staff menangani satu atau lebih narasumber
    • Satu pewawancara mewawancarai satu atau lebih narasumber
    • Satu pewawancar ditangani oleh satu staff
    • Satu narasumber ditangani oleh satu staff
    • Satu narasumber diwawancarai oleh satu pewawancara atau lebih
    ATRIBUT DALAM RELASI/HUBUNGAN
  6. Dapatkah relasi/hubungan memiliki atribut?Ya, dapat. Contoh : ERD Penjualan Rumah

  7. Apakah yang dimaksud dengan entitas aasosiatif?Entitas yang berasal dari relasi/hubungan yang memiliki atribut dan memiliki persyaratan tambahan.

    • Penjelasan :
    • Entitas-entitas yang berhubungan memiliki relasi M : N
    • Mempunyai anffat bagi pemakai
    • Dapat diberi atribut pengenal (identifikasi).
      Contoh ERD pada perusahaan konsultan, sebagai berikut :
    ENTITAS KUAT DAN LEMAH
  8. Apa yang dimaksud dengan entitas kuat?
    1. Entitas yang keberadaanyya tak tergantung entitas lain
    2. Memiliki atribut identitas/pengenal
      Contoh : DOSEN, MAHASISWA, MATA_KULIAH
  9. Apa yang dimaksud dengan entitas lemah?
    1. Entitas yang keberadaannya tergantung pada entitas lain
    2. Entitas lemah tak memiliki atribut pengenal
    3. Contoh :


    ATRIBUT BERNILAI JAMAK
  10. Jika anda memiliki atribut bernilai jamak, bagaimana cara menggambarkannya?

Pemodelan Data

TUGAS 3
    PEMODELAN DATA
  1. Apa guna pemodelan data?
    1. Untuk menggambarkan hubungan antar data
    2. Dalam perancangan konsep dipergunakan model ER (Entity Relationship Diagram), EER (Enhance Entity Relationship Diagram) dan Model Relational.
    3. Ada tiga macam model data dasar :
      • Hierarkis, Dikenal pula sebagai model pohon
      • Jaringan, Disebut juga model CODASYL
      • Relasional, Disebut juga dengan diagram ER atau ERD
    4. Pemodelan data yang baik :
      • Sederhana
      • Tidak ada duplikasi data (redundant)
      • Fleksibel dan mudah beradaptasi dengan perkembangan

  2. Definisikan model ER yang terkait dengan basis data!
    1. Model yang dipergunakan untuk menggambarkan hubungan antar data, entitas, atribut dan hubungan antar entitas
    2. Model ini dinyatakan dalam bentuk diagram maka disebut “Diagram ER”
    3. Model ini tidak mencerminkan bentuk fisik hubungan data yang akan disimpan dalam basis data, teteapi merupakan bentuk konsepsional
    4. Model ER tergantung dari produk DBMS
    5. Merupakan model data yang paling populer saat ini, Menggunakan model berupa tabel berdimensi dua (yang disebut relasi atau tabel), Memakai kunci tamu (foreign key) sebagai penghubung dengan tabel
    6. Model ER : kumpulan konsep dari entitas, atribut, relationship serta konstrain lainnya yang menggambarkan struktur basis data dan transaksi pada basisdata. Dikembangkan oleh Chen (1976)
    7. Beberapa sifat yang melekat dalam Model ER :
      • Tidak ada baris yang kembar
      • Urutan tupel tidak penting
      • Setiap atribut memiliki nama yang unik
      • Letak atribut bebas
      • Setiap atribut memiliki nilai tunggal dan jenisnya sama untuk semua baris
    8. ER Diagram menggambarkan tipe objek mengenai data itu di manajemen, serta relasi antara objek tersebut. ER Model dibuat berdasarkan persepsi atau pengamatan dunia nyata yang terdiri atas entitas dan relasi antara entitas-entitas tersebut. (Top Down).Sebuah database dapat dimodelkan sebagai:
      • Kumpulan Entity/Entitas,
      • Relationship/Relasi diantara entitas.


  3. Sebutkan notasi yang diperlukan dalam model ER!


    ENTITAS
  4. Apa yang di maksud dengan entitas ?
    1. Entitas adalah suatu dalam dunia nyata yang keberadaannya tidak tergantung pada yang lain (Elmasri dan Navate ’94)
    2. Entitas : objek dalam bentuk fisik maupun konsep yang dapat dibedakan dengan objek lainnya.
    3. Entitas (entity) adalah sebuah objek yang keberadaannya dapat dibedakan terhadap objek lain
    4. Notasi entitas dinyatakan dengan notasi sebuah empat persegi panjang yang bertuliskan nama entitas tersebut, misalnya :

  5. Bagaimana bentuk entitas ?
    1. Entitas dapat bersifat nyata (fisik) maupun abstak (konsep)
    2. Entitas dapat berupa tempat, orang, objek, kejadian, konsep (Hottrn dkk 2005)
    3. Entitas yang bersifat fisik. Contoh : pegawai, guru, dan karyawan.
    4. Entitas yang tidak bersifat konsep. Contoh: gaji,sekolah

  6. Bagaimana ketentuan menuliskan entitas ? dan berikan contohnya !
    1. Entitas dituliskan dalam bentuk kata benda dan dinyatakan dalam bentuk huruf kapital semuany`
    2. Contoh penulisan entitas :
      Orang : PEGAWAI, MAHASISWA, PASIEN, DISTRIBUTOR, PELANGGAN
      Tempat : TOKO, GUDANG, PROPENSI, RUANG, BANGUNAN, KANTOR, KAMPUS, LAPANGAN
      Objek : MESIN, GEDUNG, MOBIL, SOFTWARE, PRODUK, BUKU, MOTOR
      Kejadian : PENJUALAN, REGISTRASI, PEMESANAN, PENAGIHAN
      Konsep : REKENING, KURSUS, KRS, KUALIFIKASI
    3. Entitas Kuat
      Entitas yang mempunyai atribut kunci. Entitas ini bersifat mandiri, keberadaanya tidak bergantung pada entitas lainnya. Percepatan entitas kuat selalu memiliki karakteristik yang unik disebut identifier (sebuah atribut tunggal atau gabungan atribut-atribut yang secara unik dapat digunakan untuk membedakannya dari entitas kuat yang lain).
    4. Entitas Lemah
      Entitas yang tidak mempunyai atribut kunci. Entitas lemah diidentifikasikan dengan menghubungkan entitas tertentu dari tipe entitas yang lain ditambah atribut dari entitas lemah. Tipe entitas lain yang dipakai untuk mengidentifikasikan suatu entitas lemah disebut identifying owner dan relasi yang menghubungkan entitas lemah dengan owner disebut identifying relationship Contoh entitas pegawai


    ATRIBUT
  7. Definisi atribut ?
    1. Atribut adalah property / karakteristik yang dimiliki oleh setiap entitas yang akan disimpan datanya
    2. Atribut adalah sifat atau karakteristik yang melekat dalam sebuah entitas
    3. Macam-macam Atribut :
      • Atribut sederhana/atomis adalah tidak bisa dipecah menjadi bagian yang lebih kecil lagi
      • Atribut komposit adalah atribut yang dapat dipecah menjadi komponen yang lain misalnya atribut alamat dapat dipecah menjadi atribut jalan, kecamatan, kelurahan,kota serta kode pos.
      • Atribut berharga tunggal adalah yang mempunyai satu harga untuk entitas tertentu
      • Atribut bernilai banyak adalah atribut yang entitasnya lebih dari satu, misalnya adalah atribut hobi. Atribut hobi ini bisa terdiri dari atribut berenang, atribut voli dan atribut berbelanja.
      • Atribut null-value tidak mempunyai nilai
      • Atribut kunci merupakan atribut unik dari suatu entitas dan nilai dari atribut kunci akan berbeda untuk masing-masing entitas.
      • Atribut turunan merupakan atribut yang didapat dari atribut lainnya

  8. Berikan contoh penggunaan atribut untuk sebuah entitas ?
    ALAMAT : Alamat_Jalan, Kota, Kode_Pos
    NAMA : Nama_Depan, Nama_Tengah, Nama_Belakang



  9. Bagaimana ketentuan menuliskan atribut ?
    Menurut Hotten 2005 agar dapat keseragaman maka cara penulisan atribut dilakukan sbb :
    1. Pada awal atribut menggunakan huruf kapital dan huruf kecil selanjutnya
    2. Jika nama atribut dari kata majemuk (terdiri dari 2 kata atau lebih), maka dipergunakan underscore ( _ ) sebagai pemisah dan kata selanjutnya juga diawali dengan huruf kapital
    3. Contohnya : Harga, Harga_Barang, No_Telp_Kantor, No_Telp_Toko_1


    TIPE ENTITAS DAN INSTAN ENTITAS
  10. Apa yang kamu ketahui tentang tipe entitas?
    Tipe entitas atau biasa disebut juga sebagai Kelas Entitas merupakan kumpulan tipe data dalam entitas yang menggunakan sifat dan karakteristik yang sama. Masing masing tipe entitas dalam ERD diberikan nama yang mewakili satu kelas/set dan biasanya mengginakan kata benda, seperti MAHASISWA, KOTA, DOSEN dsb.

    Contoh :
    Sebuah tipe entitas MAHASISWA memiliki atribut dan tipe entitas sebagai berikut :
    MAHASISWA




  11. Apa yang dimaksud dengan Instan Entitas?
    Instan Entitas merupakan kumpulan data yang dikandung oleh suatu atribut dalam suatu kejadian. Instan entitas adalah suatu kejadian tunggal dari tipe entitas. Banyak instan dari tipe entitas tersebut hanya mewakili data yang disimpan dalam database.
    Misalnya, hanya ada satu tipe entitas MAHASISWA, tetapi ada banyak instan dari entitas ini yang disimoan dalam database.
    Contoh pada entitas MAHASISWA



    ATRIBUT PENGENAL
  12. Apa yang dimaksud dengan Atribut Pengenal?
    • Atribut pengenal merupakan atribut juga atribut gabungan yang secara unik dapat digunakan untuk membedakan antara 1 instan atribut dengan instan atribut lainnya.
    • Setiap entitas memiliki nilai untuk setiap atributnya. Setiap entitas memiliki atribut yang nilainya bersifat unit sehingga dapat digunakan untuk membedakan antara satu entitas dengan entitas yang lain.
    • Entitas Pengenal disebut juga identifier attribute

  13. Dalam entitas MAHASISWA, tentukan atribut identifier atau bukan! Berikan alasan!
    • No_Mahasiswa : Merupakan atribut identifier sebab nilai atau data atribut ini tidak pernah sama (bersifat unik) untuk suatu kejadian sehingga dapat digunakan sebagai instan entitas.
    • Tgl_Lahir : Bukan atribut identifier sebab nilai atau data pada atribut tersebut ubtuk instans entitas berbeda memiliki nilai atau data yang sama walaupun dalam atributnya sama.
    • Contoh :
      Entitas MAHASISWA


  14. Sebutkan atribut-atribut yang bukan identifier dalam entitas MAHASISWA!
    Nama, Tgl_Lahir, Jenis_Kelamin bukan merupakan atribut pengenal sebab nilai atau data pada atribut tersebut untuk instans entitas berbeda bisa memiliki nilai atau data yang sama walaupun dalam atributnya sama.

  15. Apa yang disebut dengan “Primary Key” ?
    Primary Key merupakan atribut pengenal yang dapat menidentifikaasikan suatu entitas secara unik sehingga dapat digunakan sebagai pembeda instan entitas satu dengan yang lainnya. Contohnya pada entitas DEPARTEMEN.
    DEPARTEMEN (Kode_Departemen, Nama_Departemen)

  16. Jika atribut identifier tersebut merupakan gabungan dari beberapa atribut, maka biasanya disebut sebagai ?
    Atribut identifier yang merupakan gabungan dari beberapa atribut biasany disebut dengan Kunci Kandiddat (Candidate Key), yaitu merupakan satu atau sekumpulan atribut yang mengidentifikasi setiap instannya secara unik dan membedakan satu instan dengan instan lainnyadari satu tip entitas yang sama. Pada entitas MAHASISWA, kunci kandidatnya adalah No_mahasiswa.
    Beberapa entitas mungkin memiliki lebih dari 1 kunci kandidat. Satu kunci kandidat untuk entitas PEGAWAI adalah No_pegawai; kunci kandidat kedua adalah kombinasi dari Nama dan Alamat (disini diasumsikan bahwa tidak ada dua pegawai dengan nama yang sama mempunyai alamat yang sama pula). Jika ada lebih dari satu kunci kandidat, profesional sistem harus memilih salah satu kunci kandidat sebagai kunci utama sebagai pembeda (identifier) untuk satu tipe entitas.

  17. Apakah atribut-atribut yang terdapat pada kunci kandidat tersebut dapat dijadikan sebagai Primary Key semuanya?
    Salah satu saja dari atribut tersebut yang dijadikan primary key. Atribut yang tidak menjadi primary key disebut kunci alternatif/pengganti (Alternate Key). Misalnya ada 2 atribut yang unik, Npm dan No_Ktp yang dijadikan sebagai Primary Key dalam entitas MAHASISWA adalah Npm saja sementara No_Ktp dijadikan sebagai Alternate Key.

  18. Dalam sebuah entitas, kadang-kadang dijumpai dalam atribut yang banyak. Bagaimana cara menentukan atribut pengenal?
    • Pilih atribut yang nilainya relatif tidak berubah sepanjang waktu. Berarti atribut tersebut nilainya berlaku saat ini dan yang akan datang.
      Contoh :
      Nomor_Induk_Mahasiswa, Kode_Departemen , Nomor_Penduduk.
    • Pilih atribut pengenal yang nilainya relatif instan, tidak NULL.
    • Hindari atribut pengenal yang nilainya mengandung klasifikasi lokasi karena klasifikasi lokasi bisa saja berubah.
    • Pertimbangkan menggabungkan atribut kunci pengganti. Lebih baik dibuat satu atribut baru, dari pada menggunakan 2 atribut sebagai pengenalnya.
      • Misalnya (Nama, Tgl_Lahir) diganti menjadi : Id_Orang
      • Misalnya (Nama_Departemen, Kode_Departemen) diganti menjadi : Id_Departemen

Pendahuluan Perancangan Basis Data

Tugas 1
Pendahuluan
Basis Data (Bahasa Inggris : Database) adalah kumpulan data yang saling berhubungan yang disimpan secara bersamaan sedemikian rupa tanpa pengulangan yang tidak perlu untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mudah di akses di ubah, disimpan kembali, di isi data baru tanpa kesalahan.
ATAU
Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatuprogram komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) basis data disebut sistem manajemen basis data (database management system, DBMS). Sistem basis data dipelajari dalam ilmu informasi.
Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan, atau potongan dari pengetahuan. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data, dan hubungan di antara obyek tersebut. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema, atau memodelkan struktur basis data: ini dikenal sebagai model basis data atau model data. Model yang umum digunakan sekarang adalah model relasional, yang menurut istilah layman mewakili semua informasi dalam bentuk tabel-tabel yang saling berhubungan dimana setiap tabel terdiri dari baris dan kolom (definisi yang sebenarnya menggunakan terminologi matematika). Dalam model ini, hubungan antar tabel diwakili dengan menggunakan nilai yang sama antar tabel. Model yang lain seperti model hierarkis dan model jaringan menggunakan cara yang lebih eksplisit untuk mewakili hubungan antar tabel.
Istilah basis data mengacu pada koleksi dari data-data yang saling berhubungan, dan perangkat lunaknya seharusnya mengacu sebagai sistem manajemen basis data (database management system/DBMS). Jika konteksnya sudah jelas, banyak administrator dan programer menggunakan istilah basis data untuk kedua arti tersebut. (Wikipedia, 2011)
Perancangan Database
Penataan data supaya dapat saling berhubungan, dalam suatu tempat yang sama tanpa mengalami ketidaknormalan data (seperti : pengulangan data, saling menghapus, susah di akses, sering terjadi kesalahan penyimpanan dll)
Tujuan Perancangan Database
  • Untuk memenuhi kebutuhan akan informasi dari pengguna dan aplikasi
  • Menyediakan struktur informasi yang natural dan mudah di mengerti oleh pengguna
  • Mendukung kebutuhan pemrosesan dan beberapa obyek kinerja dari suatu sistem database
Proses Perancangan Database
  1. Pengumpulan data dan analisis
  2. Perancangan database secara konseptual
  3. Pemilihan sistem manajemen database
  4. Perancangan database secara logika
  5. Perancangan database secara fisik
  6. Implementasi sistem database
Operasional Basis Data :
  1. Create database (membuat database baru) : Identik dengan pembuatan lemari arsip yang baru
  2. Drop database (menghapus database) : Identik dengan menghapus lemari arsip beserta isinya, jika ada
  3. Create table (membuat tabel) : Penambahan map arsip baru ke sebuah lemari arsip yang sudah ada
  4. Drop table (menghapus tabel) : Perusakan map arsip lama yang ada di sebuah lemari arsip
  5. Insert data (memasukkan data) : Penambahan lembaran arsip ke dalam map arsip
  6. Search data (melacak data) : Pencarian lembaran arsip dalam sebuah map arsip
  7. Update table (memperbaharui data dalam tabel) : Perbaikan isi lembaran arsip yang ada di sebuah map arsip
  8. Delete table (menghapus data dalam tabel) : Penghapusan sebuah lembaran arsip yang ada di sebuah map arsip
  9. Update file (memperbaharui file)
  10. Delete file (menghapus file)
Institusi yang memerlukan basis data :
  1. Organisasi berskala bagian
  2. Department
  3. Perbankan
  4. Rumah sakit
  5. Sekolah / Perguruan tinggi
  6. Perusahaan
  7. Restoran
  8. Perhotelan
  9. Percetakan besar
  10. Perpustakaan
  11. Penerbangan
  12. Supermarket
  13. Kependudukan
  14. Tempat BimBel
  15. Cafe
  16. Mall
  17. Perkantoran
Jenis bidang pekerjaan dapat berhubungan dengan Basis Data adalah :
  1. Dalam bidang IT
  2. Keuangan
  3. Manajemen
  4. Kesekretariatan
  5. Penjualan
  6. Akutansi
  7. Pemasaran
  8. Produksi
  9. Marketing
  10. Administrasi
Sistem Basis Data terdiri dari :
  • Hardware (perangkat keras)
  • Software (perangkat lunak) yang terdiri dari :
    • Sistem Operasi (Operating System)
      Fungsinya : mengelola operasi hardware seperti penyimpanan, proses dan input/output
    • DBMS (Database Management System)
      Fungsinya : mengelola basis data
    • Program-program aplikasi lainnya
  • Brainware (manusia)
    • User (Penggguna)
    • Programer
    • Administrator
    • Pembuat
Pada system operasi terdiri dari :
  • Windows 7
  • Linux
  • Unix
  • Sun Solaris
  • DOS
  • Symbian OS
  • Macintosh OS
  • IBM OS/2
  • FREE BSD
  • Chrome OS
  • Dll
DBMS terdiri dari :
  • DBase
  • SQL
  • Ms. Access
  • Borland
  • Visual Basic
  • Delphi
  • Foxpro
  • Oracle
  • Database Desktop Paradox
  • FIREBIRH
  • Postgres
  • Cloud
  • Clipper
  • Sybase
  • PostgreSQL
Abstraksi Data
Adalah cara memandang data dalam suatu skema basis data.
Untuk mengakses dari level fisik oleh level view (pengguna) dipergunakan bahasa database (database language).
Bahasa tersebut terdiri dari sejumlah perintah (statement) yang diformulasikan oleh user dan dikenali oleh Data Base Management System (DBMS).
Bahasa tersebut dibagi menjadi :
  1. DDL (Data Definition Language).
    DDL merupakan perintah-perintah yang digunakan untuk membuat dan mendefinisikan database dan struktur datanya. Digunakan untuk membuat tabel-tabel dan stukturnya yang disimpan dalam file khusus. Diantaranya perintah untuk membuat database atau table, mengubah strukturnya, menghapus table, membuat indeks untuk table. Contohnya adalah perintah: Create, Drop, Alter.

    1. CREATE : Digunakan untuk membuat database/tabel.
      Untuk membuat database :
      Syntax : CREATE DATABASE nama_database;
      Contoh : CREATE DATABASE STMIK_Jakarta;
      Untuk membuat table :
      Syntax : CREATE TABLE nama_table(nama_kolom1 tipe_data atribut,nama_kolom2 tipe_data atribut, nama_kolom-n tipe_data atribut);Contoh : CREATE TABLE kelas_104(npm varchar(8) primary key not null,nama varchar(30) not null,alamat varchar(30),no_telp varchar(15));
    2. DROP : Digunakan untuk menghapus database/table.
      Untuk menghapus Database :
      Syntax : DROP DATABASE nama_database;
      Contoh : DROP DATABASE STMIK_Jakarta;
      Untuk menghapus Table :
      Syntax : DROP TABLE nama_tabel;
      Contoh : DROP TABLE kelas_104;

    3. ALTER : Untuk mengubah struktur table. Pengubahan yang dapat dilakukan pada struktur table diantaranya adalah : menambah field baru, menghapus field, memodifikasi field.
      Syntax : ALTER TABLE nama_tabel atribut nama_field tipe_data(lebar_digit);
      Atribut : ADD (untuk menambah table), DROP (untuk menghapus), CHANGE/MODIFY (untuk mengubah).
      1. Untuk menambah field baru (ADD)
        Contoh : ALTER TABLE kelas_104 ADD jenis_kelamin char(1);
      2. Untuk memodifikasi field (CHANGE/MODIFY)
        Contoh : ALTER TABLE kelas_104 CHANGE npm npm varchar(9) primary key;
      3. Untuk menghapus field (DROP)
        Contoh : ALTER TABLE kelas_104 DROP alamat;
  2. DML (Data Manipulation Language).DML merupakan perintah-perintah yang digunakan untuk melakukan manipulasi atau pengolahan data yang ada dalam database, diantaranya perintah untuk menambah data (insert), mengubah data (update), menghapus data (delete), menambil dan mencari data (query). Contohnya adalah perintah : Insert, Select, Update, Delete.
    1. INSERT : Digunakan untuk memasukkan data atau baris baru ke dalam table.
      Syntax : INSERT INTO nama_tabel values (daftar_nilai_yg_ingin_dimasukkan);
      Contoh : INSERT INTO kelas_104 (“10408132”,”Rania”,”Cilandak”,”7777777”);
    2. UPDATE : Digunakan untuk mengubah data yang telah dimasukkan pada sebuah table.
      Syntax : UPDATE nama_table SET field1=nilai1,…field-n=kolom-n);
      Contoh : UPDATE kelas_104 SET npm=”10408001”,nama=”Tuti”,”alamat=”Jakarta Pusat”,no_telp=”7776666”);
    3. DELETE : Digunakan untuk menghapus data pada sebuah table.
      Syntax : DELETE FROM nama_tabel WHERE kondisi;
      Contoh : DELETE FROM kelas_104 WHERE npm=”10408111”;
    4. SELECT : Digunakan untuk memilih atau mengambil atau menampilkan data dari stu atau banyak baris atau kolom dari satu atau banyak table. Syntax dasarnya adalah :
      1. Untuk menampilkan semua data dari suatu table.
        Syntax : SELECT * FROM nama_tabel;
        Contoh : SELECT * FROM kelas_104;
      2. Untuk menampilkan data dengan kriteria tertentu.
        Syntax : SELECT * FROM nama_tabel WHERE kondisi;
        Contoh : SELECT * FROM kelas_104 WHERE nama=”Rania”; (menampilkan semua data dari mahasiswa dengan nama Rania).
        ATAU
        Syntax : SELECT nama_field FROM nama_tabel WHERE kondisi;
        Contoh : SELECT nama FROM kelas_104 WHERE npm=”10308132”+(menampilkan nama dari tabel mahasiswa dengan npm 10408132).
Struktur DML ada 2 macam, yaitu :
  • Prosedural : Pemakai menentukan data apa yang diinginkan dan disertai cara/prosedur/kriteria tertentu untuk mendapatkannya.
  • Non-prosedural : Pemakai hanya menentukan data saja tanpa meyertakan cara/prosedur/kriteria tertentu untuk mendapatkannya.
Add a comment

1 Comment:

Bagaimana cara menggambarkan ERD apablia terdapat beberapa level user dalam satu tabel,sedangakan setiap level memiliki relasi yang berbeda ?

Anonim
5 Mei 2017 pukul 19.26 comment-delete
Posting Komentar

_Pasopati 2010 UYP™

Copyright 2011 Designing a dream come true.
Blogger Templates By:Noct.